Sabtu, 03 Desember 2011

Metode Antropologi

Sebagai sebuah disiplin ilmu pengetahuan, Antropologi tentu memiliki sebuah metode tersendiri dalam mengaplikasikan pengetahuannya. Salah satu metode yang plaing dikuasai di dalam Antropologi adalah Metode Etnografi.
Metode tersebut dalam hemat saya dapat dijadikan beberapa step yang jelas.berikut saya uraikan secara gampang dan ringkas melalui step-step tersebut.

1. Menjalin rapport.
Menjalin rapport atau menjalin hubungan merupakan satu langkah pertama yang sangat penting dalam dunia Antropologi. Sebagai langkah pertama di dalam sebuah penelitian Antropologi, menjalin rapport menjadi langkah utama untuk menunjang keberhasilan sebuah penelitian. Menjalin hubungan disini tidak hanya saling mengenal antara peneliti dengan informan, tetapi juga mengerti dan memahami. Dengan demikian, maka antara peneliti dan informan akan terjalin hubungan yang baik. Hubungan yang baik akan memungkinkan langkah selanjutnya dalam penelitian akan semakin mudah.

2. Observasi.
Observasi merupakan langkah pengamatan terhadap segala kondisi yang ada di dalam lapangan penelitian. Pengamatan dilakukan untuk mengetahui lingkungan yang ada di sekitar lokasi penelitian. Di dalam Antropologi, pengamatan yang dilakukan tidak hanya dalam hal 'melihat', tetapi juga mendengar, meraba, dan merasakan. Pengamatan yang baik, adalah pengamatan yang mampu melibatkan semua indera yang dimiliki manusia. Dengan melakukan observasi dengan cara seperti ini akan membuat peneliti mampu mendapatkan fakta-fakta yang belum tentu didapatkan dari buku referensi maupun dari wawancara.

3. Wawancara mendalam.
Wawancara mendalam merupakan salah satu langkah terpenting di dalam rangka mengumpulkan data bagi penelitian. Di dalam wawancara sendiri nantinya terdapat beberapa langkah penting yang perlu dilakukan (akan saya uraikan lebih lanjut di tulisan lain). Namun, satu hal perlu digaris bawahi, di dalam Antropologi tidak melakukan wawancara biasa seperti yang dilakukan para wartawan. Antropolog melakukan wawancara secara mendalam. Mendalam disini maksudnya adalah peneliti melakukan wawancara 'dari hati ke hati'. Sehingga jawaban yang dikeluarkan oleh informan tidak hanya berdasarkan yang diketahuinya, tetapi juga ia rasakan. Jawaban-jawaban yang dikatakan oleh informan akan menjadi modal penting di dalam pengumpulan data.

4. Triangulasi data.
Langkah ini merupakan langkah terakhir yang dilakukan oleh Antropolog, yaitu melakukan pengecekan data. Karena informan bisa berasal dari berbagai golongan masyarakat, maka triangulasi data dilakukan terhadap informan kunci, yaitu orang yang benar-benar paham terhadap permasalahan yang sedang diteliti. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui kebenaran data yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber. Dengan adanya langkah ini, maka data yang digunakan di dalam pelaporan meruapakan data yang valid, dan bisa dibuktikan kebenarannya.

Langkah-langkah penelitian di atas merupakan langkah-langkah didalam Metode Etnografi yang saya uraikan secara sangat singkat, yang tentu saja masih perlu menambahan dan pembenahan yang signifikan. Mengenai metode yang lebih jelasnya akan saya uraikan secara perlahan di dalam postingan-postingan saya selanjutnya. Atau, apabila anda ingin mencari sumbernya, Anda bisa membaca buku METODE ETNOGRAFI karya James Spradley, dan tentu saja masih terdapat berbagai macam buku lainnya yang masih bisa anda gunakan sebagai referensi untuk mengetahui lebih mendalam mengenai Metode Etnografi.

1 komentar:

  1. Slotomania No Deposit Bonus Codes | JtmHub
    Bonus Promo Codes · Bonus Codes For Slotomania · Slotomania Free 보령 출장안마 Slot 의정부 출장안마 Game · Bonus 의왕 출장안마 Codes For 김천 출장샵 SlotoCash Casino · Slotomania Free Slot Game · Slotomania 과천 출장마사지 Free Slot Game.

    BalasHapus

Entri Populer