Rabu, 07 Desember 2011

Menjalin Rapport

The First Step to be the good Ethnographer is MAKING A GOOD RAPPORT.
Hal ini memang benar adanya, menjalin hubungan yang baik dengan informan merupakan salah satu langkah awal yang diperlukan oleh seorang etnografer. Mengapa demikian?
Karena sebagai seorang etnografer, kita memerlukan kedalaman data yang diungkapkan oleh seseorang informan. Kedalaman data yang dimaksud disini bukanlah hanya pada apa yang dia tahu karena pengetahuannya saja, tetapi juga secara keseluruhan apa yang dia pikirkan dan dia rasakan. Segala perasaan yang dia ketahui tentang obyek penelitian etnografi merupakan suatu data yang sangat baik dan diperlukan. Sebuah data etnografi terasa akan sangat hambar bila hal itu ternyata hanya berasal dari jawaban-jawaban spontan dari seorang informan. Etnografer memerlukan jawaban yang benar-benar berasal dari lubuk hati seorang informan.
Pertanyaan selanjutnya yang muncul dari kondisi dan keperluan ini adalah, Bagaimana kita bisa mendapatkan data tersebut jika kita tidak menjalin hubungan yang baik dengan informan?
Untuk itulah diperlukan sebuah langkah untuk menjalin rapport yang baik.
Menjalin rapport yang baik dengan informan juga tidak mudah untuk dilakukan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui berbagai macam hal mengenai informan tersebut. Mulai dari latar belakangnya, kehidupan sehari-harinya, sifat, dan karakteristik orang tersebut.


(tulisan ini belum selesai..karena keterbatasan waktu, maka saya sudahi disini dulu.. secepatnya akan saya perbaiki...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer